http://ekohasan.blogspot.com/
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran :
SAINS
Materi Pokok :
Tubuh
Pertemuan / waktu :
pertama / 2 x 30 menit
Metode :
ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.1
Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara
perawatannya
B. Indikator
§ Menerangkan
bagian-bagian tubuh misalnya mata, telinga, hidung, lidah, kulit dan gigi.
§ Menceritakan
kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.
C. Materi Essensial
§ Bagian
tubuhku (hlm 3)
D. Media Belajar
§ Gambar
atau photo bagian tubuh
§ Sapu
tangan
§ Bunga,
buah
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1.
Pendahuluan
§ Menyampaikan
Indikator dan kompetensi yang diharapkan
§ Membacakan
bagian-bagian tubuh serta cara perawatan dengan peragaan langsung hlm 1 dan 2.
|
(5 menit)
|
||
2.
Kegiatan Inti
§ Siswa
menyebutkan mengenai bagian tubuh yang tampak pada gambar, tapi belum
diberikan keterangan serta keguanaannya.
§ Melakukan
kegiatan belajar :
§ Siswa
diminta membuat kesimpulan tentang setiap kegiatan yang dilakukan.
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(50 menit)
|
||
3.
Penutup
§ Mengulang
kembali kesimpulan tentang kegiatan yang telah dilakukan
§ Membuat
kelompok dan mengingatkan siswa untuk membawa alat untuk kegiatan 1.6 hlm 7.
|
(5 menit)
|
||
4.
Pekerjaan Rumah
§ -
|
|
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran :
SAINS
Materi Pokok :
Tubuh
Pertemuan / waktu :
kedua / 2 x 30 menit
Metode :
ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.1
Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara
perawatannya
B. Indikator
§ Membiasakan
merawat tubuh.
§ Menunjukkan
cara merawat tubuh.
§ . . . . .
. . . . . . .
C. Materi Essensial
§ Merawat
bagian tubuhku (hlm 7)
D. Media Belajar
§ Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
§ Sikat dan
pasta gigi
§ Sisir
§ Alat
potong kuku
§ Sabun
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
§ Mengulang
materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
§ Siswa
ditanya tentang tata cara merawat tubuh sehari-hari.
|
(5 menit)
|
§ Melakukan
kegiatan 1.6 hlm 7
§ Menjelaskan
cara yang benar dalam merawat bagian tubuh.
§ Membacakan
materi untuk menuntun siswa
§ Menerangkan
bahwa tubuh yang dirawat akan bersih dan sehat
§ Menerangkan
bahwa tubuh yang tidak dirawat mudah terkena penyakit
|
(50 menit)
|
§ Memberikan
kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali cara merawat
tubuh yang benar. (dengan dibantu konsep gelombang berjalan.
|
(5 menit)
|
§ -
|
|
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran :
SAINS
Materi Pokok :
Tubuh
Pertemuan / waktu :
pertama / 2 x 30 menit
Metode :
ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.2
Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan
kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
B. Indikator
o
Menyebutkan makanan sehat untuk pertumbuhan.
o
Menceritakan perlunya air, makanan, pakaian, udara dan
lingkungan bersih untuk tumbuh sehat.
o
. . . . . . . . . . . .
C. Materi Essensial
§ Kebutuhan
Tubuh (hlm 10)
D. Media Belajar
§ Gambar
makanan pokok 4 sehat 5 sempurna.
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
§ Menyampaikan
Indikator dan kompetensi yang diharapkan
§ Menjelaskan
bahwa makanan dan minuman diperlukan untuk pertumbuhan
|
(5 menit)
|
§ Melakukan
kegiatan 1.7 hlm 11
§ Menjelaskan
tentang kegiatan yang telah dilakukan.
§ Menunjukkan
fungsi makanan dan minuman
§ Menunjukkan
makanan yang sehat untuk keperluan tubuh.
§ Beberapa
siswa diminta menyebutkan tentang makanan empat sehat lima sempurna secara
bergantian
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(50 menit)
|
§ Mengulang
kembali kesimpulan tentang kegiatan yang telah dilakukan.
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(5 menit)
|
§ Siswa
diminta untuk mengambar buah yang mereka sukai
§ . . . .
. . . . . . . .
|
|
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran :
SAINS
Materi Pokok :
Tubuh
Pertemuan / waktu :
kedua / 2 x 30 menit
Metode :
ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.3
Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan
kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
B. Indikator
o
Menyebutkan makanan sehat untuk pertumbuhan.
o
Menceritakan perlunya air, makanan, pakaian, udara dan
lingkungan bersih untuk tumbuh sehat.
o
. . . . . . . . . . . .
C. Materi Essensial
§ Kebutuhan
Tubuh (hlm 10)
D. Media Belajar
§ Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
§ Menagih
pekerjaan rumah pada pertemuan sebelumnya.
§ Mengulang
materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
§ Menjelaskan
bahwa makanan dan minuman diperlukan untuk pertumbuhan
|
(5 menit)
|
§ Membacakan
materi untuk menuntun siswa.
§ Melakukan
kegiatan 1.8 hlm 12
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(50 menit)
|
§ Mengulang
kembali kesimpulan tentang kegiatan yang telah dilakukan.
§ “aku
perlu air dan pakaian bersih. Aku juga perlu udara dan lingkungan sehat.”
|
(5 menit)
|
§
|
|
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran :
SAINS
Materi Pokok :
Tubuh
Pertemuan / waktu :
pertama / 2 x 30 menit
Metode :
ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.2
Membiasakan hidup sehat
B. Indikator
o
Menggosok gigi sehabis makan dan sebelum tidur.
o
Mencuci tangan sebelum makan.
o
Melakukan olah raga, beristirahat dan tidur agar tubuh
sehat dan kuat.
o
. . . . . . . . . . . .
C. Materi Essensial
§ Kebiasaaan
hidup sehat
D. Media Belajar
§ Gambar
tentang cara menyikat gigi, olah raga dan menyapu halaman.
§ Sikat
gigi.
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
§ Menyampaikan
Indikator dan kompetensi yang diharapkan
§ Siswa
ditanya tentang cara menjaga kebersihan tubuh.
|
(5 menit)
|
§ Siswa
menyebutkan apa saja yang harus dibersihkan dalam membiasakan hidup sehat.
§ Melakukan
kegiatan 1.9 hlm 13.
§ Beberapa
siswa memperagakan cara menyikat gigi yang benar.
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(50 menit)
|
§ Mengulang
kembali kesimpulan tentang kegiatan yang telah dilakukan
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(5 menit)
|
§ Kegiatan
1.10 hlm 14 point 2
§ . . . .
. . . . . . . .
|
|
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran :
SAINS
Materi Pokok :
Tubuh
Pertemuan / waktu :
kedua / 2 x 30 menit
Metode :
ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.1
Membiasakan hidup sehat
B. Indikator
o
Menggosok gigi sehabis makan dan sebelum tidur.
o
Mencuci tangan sebelum makan.
o
Melakukan olah raga, beristirahat dan tidur agar tubuh
sehat dan kuat.
o
. . . . . . . . . . . .
C. Materi Essensial
§ Kebutuhan
Tubuh (hlm 10)
§ . . . . .
. . . . . . .
D. Media Belajar
§ Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
§ Menagih
pekerjaan rumah pada pertemuan sebelumnya.
§ Mengulang
materi pertemuan sebelumnya, dan menyampaikan indikator dan kompetensi yang
diharapkan.
|
(5 menit)
|
§ Siswa
ditanya tentang olah raga yang ia sukai, waktu belajar dan bekerja membantu
orang tua.
§ Membacakan
materi untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
§ Melakukan
kegiatan 1.10 hlm 14.
§ Menjelaskan
waktu yang tepat dalam berolah raga, belajar dan bekerja membatu orang tua.
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(50 menit)
|
§ Mengulang
kembali kesimpulan tentang kegiatan yang telah dilakukan
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(5 menit)
|
§ Mempersiapkan
untuk kegiatan 1.11 hlm 15.
|
|
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran :
SAINS
Materi Pokok :
Tubuh
Pertemuan / waktu :
ketiga / 2 x 30 menit
Metode :
ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.2
Membiasakan hidup sehat
B. Indikator
o
Menggosok gigi sehabis makan dan sebelum tidur.
o
Mencuci tangan sebelum makan.
o
Melakukan olah raga, beristirahat dan tidur agar tubuh
sehat dan kuat.
o
. . . . . . . . . . . .
C. Materi Essensial
§ Kebutuhan
Tubuh (hlm 10)
D. Media Belajar
§ Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
§ Mengulang
materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
|
(5 menit)
|
§ Siswa
ditanya tentang apa yang dilakukannya setelah beraktivitas, sekolah, belajar,
bermain, membantu orang tua, nonton TV.
§ Membacakan
materi untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
§ Melakukan
kegiatan 1.11 hlm 15.
§ Menjelaskan
waktu yang tepat untuk menonton TV dan beristirahat (tidur).
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(50 menit)
|
§ Mengulang
kembali kesimpulan tentang kegiatan yang telah dilakukan
|
(5 menit)
|
§ . . . .
. . . . . . . .
|
|
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Pelajaran :
SAINS
Materi Pokok :
Memelihara LIngkungan
Pertemuan / waktu :
pertama / 2 x 30 menit
Metode :
ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.3
Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat
B. Indikator
§ Menunjukkan
keadaan lingkungan yang bersih dan cukup ventilasi.
§ . . . . .
. . . . . . .
C. Materi Essensial
§ Lingkungan
sehat (hlm 26)
D. Media Belajar
§ Gambar
sekolah, pensil warna dan kerta gambar.
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
§ Menyampaikan
Indikator dan kompetensi yang diharapkan
§ Menjelaskan
bahwa rumah bersih adalah rumah sehat.
|
(5 menit)
|
§ Membacakan
materi untuk menuntun siswa.
§ Melakukan
tugas 2.1 hlm 27
§ Beberapa
siswa diminta menyebutkan beberapa hal tentang lingkungan yang sehat.
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(50 menit)
|
§ Mengulang
kembali kesimpulan tentang kegiatan yang telah dilakukan.
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(5 menit)
|
§ Siswa
diminta untuk mengambar rumah yang tidak sehat
§ . . . .
. . . . . . . .
|
|
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran :
SAINS
Materi Pokok :
Memelihara LIngkungan
Pertemuan / waktu :
pertama / 2 x 30 menit
Metode :
ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.4
Membedakan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat.
B. Indikator
o
Menjelaskan air kotor, tumpukan sampah, asap merupakan
kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan.
C. Materi Essensial
§ Lingkungan
tidak sehat (hlm 28)
D. Media Belajar
§ Gambar
rumah kotor, tumpukan sampah, dan asap kendaraaan
§ Sapu,
kemoceng, kertas koran.
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
§ Menagih
pekerjaan rumah pada pertemuan sebelumnya.
§ Menyampaikan
Indikator dan kompetensi yang diharapkan
§ Menjelaskan
bahwa rumah kotor adalah rumah tidak sehat.
|
(5 menit)
|
§ Membacakan
materi untuk menuntun siswa.
§ Menunjukkan
gamabar lingkungna tidak sehat.
§ Melakukan
kegiatan 2.2 hlm 29
§ Beberapa
siswa diminta menyebutkan beberapa hal tentang lingkungan yang tidak sehat.
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(50 menit)
|
§ Mengulang
kembali kesimpulan tentang kegiatan yang telah dilakukan.
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(5 menit)
|
§ . . . .
. . . . . . . .
|
|
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran :
SAINS
Materi Pokok :
Tubuh
Pertemuan / waktu :
pertama / 2 x 30 menit
Metode :
ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.5
Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan
dan lingkungan sekitar.
B. Indikator
o
Membuang sampah atau meludah pada tempatnya.
o
Merawat tanaman atau hewan peliharaan.
o
Menceritakan alasan perlunya merawat dan memelihara
lingkungan.
o
. . . . . . . . . . . .
C. Materi Essensial
§ Memelihara
lingkungan (hlm 29).
D. Media Belajar
§ Buku
SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
§ Gambar
atau benda sesungguhnya dari sapu, vas bunga, tempat sampah.
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
§ Menyampaikan
Indikator dan kompetensi yang diharapkan
§ Menceritakan
perlunya merawat lingkungan sekitar.
|
(5 menit)
|
§ Membacakan
materi untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
§ Menjelaskan
materi yang telah dibacakan dengan menggunakan media belajar.
§ Menjelaskan
manfaat dari memelihara lingkungan.
§ Melakukan
tugas 2.2 hlm 31
§ Melakukan
penilaian tugas 2.2
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(50 menit)
|
§ Menyebutkan
kesimpulan bahwa kita harus menjaga kebersihan, baik itu di sekolah, rumah
maupun di jalanan yang kita lewati.
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(5 menit)
|
§ . . . .
. . . . . . . .
|
|
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran :
SAINS
Materi Pokok :
Tubuh
Pertemuan / waktu :
kedua / 2 x 30 menit
Metode :
ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.3
Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan
dan lingkungan sekitar.
B. Indikator
o
Membuang sampah atau meludah pada tempatnya.
o
Merawat tanaman atau hewan peliharaan.
o
Menceritakan alasan perlunya merawat dan memelihara
lingkungan.
o
. . . . . . . . . . . .
C. Materi Essensial
§ Memelihara
hewan dan tanaman (hlm 32)
D. Media Belajar
§ Buku
SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
§ Mengulang
materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
§ Menceritakan
perlunya merawat tanaman dan hewan peliharaan.
|
(5 menit)
|
§ Membacakan
materi untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
§ Bertanya
kepada siswa tentang:
§ apakah
mereka mempunyai hewan peliharaan, tanaman hias yang harus dirawat.
§ Hewan
dan tanaman hias apa saja
§ Menjelaskan
manfaat dari memelihara hewan dan tanaman.
§ Melakukan
tugas 2.3 hlm 33
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(50 menit)
|
§ Menyebutkan
kesimpulan bahwa kita harus menyayangi hewan dan tanaman
|
(5 menit)
|
§ . . . .
. . . . . . . .
|
|
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran :
SAINS
Materi Pokok :
Benda beraneka ragam
Pertemuan / waktu :
pertama / 2 x 30 menit
Metode :
ceramah dan demonstrasi
A. Kompetensi Dasar
1.6
Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar
berdasarkan cirinya melalui pengamatan.
B. Indikator
o
Menceritakan bentuk, ukuran, warna, bau, kasar/halus dan
rasa benda/objek.
o
Menentukan persamaan dari benda yang berbeda.
C. Materi Essensial
§ Benda
beraneka ragam (hlm 39)
D. Media Belajar
§ Buku
SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
§ Gambar
atau benda sesungguhnya.
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
§ Menyampaikan
Indikator dan kompetensi yang diharapkan
§ Menceritakan
ciri-ciri benda
|
(5 menit)
|
§ Membacakan
materi untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
§ Siswa
dapat menunjukkan bahwa benda-benda dapat
-
berbeda bentuk.
-
Ada rasa manis, asin, asam, pahit
-
Ada yang lembut dan keras
-
Ada yang halus dan kasar
-
Berwarna warni
-
Ada benda yang harum dan berbau busuk
-
Ada benda yang sama bentuknya
§ .. . .
. . . . . . . . .
|
(50 menit)
|
§ Menyebutkan
kesimpulan bahwa benda itu beraneka ragam
|
(5 menit)
|
§ Tugas
3.1
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Materi Pokok :
Benda berubah bentuk
Pertemuan / waktu :
pertama / 2 x 30 menit
Metode :
ceramah dan demonstrasi
A. Kompetensi Dasar
1.7
Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya
B. Indikator
o
Membandingkan bentuk benda.
o
Menceritakan hasil pengamatan perubahan bentuk benda
karena perlakuan tertentu.
C. Materi Essensial
§ Benda
berubah bentuk (hlm 45)
D. Media Belajar
§ Buku
SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
§ Gambar
perubahan benda
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
§ Menagih
Tugas 3.1
§ Menyampaikan
indikator dan kompetensi yang diharapkan.
|
(5 menit)
|
§ Membacakan
materi benda berubah bentuk untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara
bersama .
§ Siswa
menunjukkan bahwa benda dapat berubah bentuk seperti:
i. Tanah
liat ® pot,
genteng, kendi, batu bata
ii. Kayu ® meja, kursi, lemari, pensil
iii. Kapas ® baju,
celana, rok, kebaya
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(50 menit)
|
§ Menyebutkan
kesimpulan bahwa benda dapat berubah bentuk menjadi bentuk lain dan mempunyai
kegunaan yang berlainan.
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(5 menit)
|
§ -
|
|
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran :
SAINS
Materi Pokok :
Gerak benda
Pertemuan / waktu :
pertama / 2 x 30 menit
Metode :
ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.8
Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan yang
sulit bergerak melalui percobaan.
B. Indikator
o
Membedakan bentuk benda yang mudah bergerak dan benda
yang sulit bergerak.
o
Memperagakan cara menggerakkan benda
o
. . . . . . . . . . . .
C. Materi Essensial
§ Gerak
benda (hlm 58)
D. Media Belajar
§ Buku
SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
§ Gambar
bola , roda
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
§ Menyampaikan
Indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
§ Membacakan
materi gerak benda untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
§ Menjelaskan
materi yang telah dibacakan dengan menggunakan media belajar.
§ Melakukan
kegiatan 4.1 (hlm. 59).
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(50 menit)
|
§ Menyebutkan
kesimpulan bahwa benda bundar dan bulat mudah bergerak
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(5 menit)
|
§ . . . .
. . . . . . . .
|
|
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran :
SAINS
Materi Pokok :
Kegunaan benda
Pertemuan / waktu :
pertama / 2 x 30 menit
Metode :
ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.9
Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar.
B. Indikator
o
Menerangkan kegunaan benda di rumah, di sekolah dan
tempat lain.
o
Mendemonstrasikan cara penggunaan beberapa benda.
o
. . . . . . . . . . . .
C. Materi Essensial
§ Kegunaan
benda (hlm 46)
D. Media Belajar
§ Buku
SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
§ Gpiring,
garpu, sendok, pisau, roti, margarin dan selai
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
§ Menyampaikan
Indikator dan kompetensi yang diharapkan
§ Menceritakan
perlunya merawat lingkungan sekitar.
|
(5 menit)
|
§ Membacakan
materi kegunaan benda untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
§ Siswa
melakukan kegiatan 3.1
§ Siswa
melakukan kegiatan 3.2
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(50 menit)
|
§ Menyebutkan
kesimpulan bahwa setiap benda mempunyai kegunaan
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(5 menit)
|
§ Uji
Kompetensi dan latihan soal
|
|
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran :
SAINS
Materi Pokok :
Sumber energi gerak
Pertemuan / waktu :
pertama / 2 x 30 menit
Metode :
ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.10
Mengidentifikasi penyebab benda bergerak (batere,
per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)
B. Indikator
o
Mengenali bentuk gerak.
o
Menjelaskan penyebab gerak.
o
Menunjukkan baterai, per/pegas, dorongan tangan, dan
magnet sebagai sumber energi gerak.
o
. . . . . . . . . . . .
C. Materi Essensial
§ Sumber
energi gerak (hlm 59)
D. Media Belajar
§ Buku
SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
§ Mobil
mainan, bau baterai
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
§ Menyampaikan
Indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||
§ Membacakan
materi sumber energi gerak untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara
bersama.
§ Melakukan
kegiatan 4.2 (hlm. 61)
§ Siswa
menunjukkan sumber tenaga seperti :
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(50 menit)
|
||
§ Menyebutkan
kesimpulan bahwa tenaga orang, bensin, magne, dan baterai adalah sumber
energi gerak
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(5 menit)
|
||
§ Tugas
4.1 hlm. 62.
|
|
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran :
SAINS
Materi Pokok :
Kegunaan energi
Pertemuan / waktu :
kedua / 2 x 30 menit
Metode :
ceramah
A. Kompetensi Dasar
4.2 Mengidentifikasi
penyebab benda bergerak (batere, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)
B. Indikator
o Mencontohkan
listrik dan panas sebagai kegunaan energi.
o Menyebutkan
energi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
o
. . . . . . . . . . . .
C. Materi Essensial
§ Kegunaan
energi (hlm 63)
D. Media Belajar
§ Buku
SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
§ Gambar
mengenai kegunaan energi
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
§ Menagih
tugas 4.1
§ Mengulang
materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
|
(5 menit)
|
|
§ Membacakan
materi kegunaan energi untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara
bersama.
§ Siswa
mamapu menujukkan kegunaan dari energi, seperti:
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(50 menit)
|
|
§ Menyebutkan
kesimpulan bahwa:
-
panas dan listrik adalah energi
-
makanan dan minuman adalah sumber energi untuk tubuh
kita
|
(5 menit)
|
|
§ Latihan
soal dan uji kompetensi
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran :
SAINS
Materi Pokok :
Berbagai benda langit
Pertemuan / waktu :
pertama / 2 x 30 menit
Metode :
ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.11
Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan.
B. Indikator
o
Menceritakan benda-benda langit yang terlihat di waktu
siang dan malam hari.
o
Membuat gambar benda-benda langit yang dapat terlihat di
waktu siang dan malam hari.
o
. . . . . . . . . . . .
C. Materi Essensial
§ Berbagai
benda langit (hlm 70)
D. Media Belajar
§ Buku
SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
§ Gambar
benda langit (matahari, awan, bulan, bintang)
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
§ Menyampaikan
indikator dan kompetensi yang diharapkan.
|
(5 menit)
|
§ Membacakan
materi berbagai benda langit untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara
bersama.
§ Menjelaskan
materi yang telah dibacakan dengan menggunakan media belajar.
§ Siswa
menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada siang dan malam hari.
§ Siswa
menunjukkan benda-benda langit yang tampak pada siang hari.
§ Siswa
menunjukkan benda-benda langit yang tampak pada malam hari.
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(50 menit)
|
§ Menyebutkan
kesimpulan bahwa matahari, bulan dan bintang adalah benda langit.
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(5 menit)
|
§ Mengambar
benda langit di waktu siang dan malam hari.
|
|
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran :
SAINS
Materi Pokok :
Cuaca
Pertemuan / waktu :
pertama / 2 x 30 menit
Metode :
ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.12
Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita.
B. Indikator
o
Menceritakan tanda-tanda akan turunnya hujan.
o
Menjelaskan perbedaan suhu pada musim hujan dan musim
kemarau.
o
. . . . . . . . . . . .
C. Materi Essensial
§ Cuaca
(hlm 71)
D. Media Belajar
§ Buku
SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
§ Gambar
saat langit mendung, petir, dan hujan
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
§ Menagih
tugas mengambar pada pertemuan sebelumnya
§ Menyampaikan
Indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
§ Membacakan
materi cuaca untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
§ Menjelaskan
materi yang telah dibacakan dengan menggunakan media belajar.
§ Menceritakan
keadaaan langit saat hujan akan turun.
§ . . . .
. . . . . .
|
(50 menit)
|
§ Menyebutkan
kesimpulan bahwa langit mendung menandakan hujan akan turun
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(5 menit)
|
§ . . . .
. . . . . . . .
|
|
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran :
SAINS
Materi Pokok :
Pengaruh musim
Pertemuan / waktu :
Pertama / 2 x 30 menit
Metode :
Ceramah
A. Kompetensi Dasar
1.13
Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan
terhadap kegiatan manusia.
B. Indikator
o
Menceritakan pakaian yang sesuai pada musim panas dan
musim hujan.
o
Membandingkan ciri-ciri musim kemarau dan musim hujan
pada lahan dan kegiatan manusia.
C. Materi Essensial
§ Pengaruh
musim (hlm 73)
D. Media Belajar
§ Buku
SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
§ Gambar
musim hujan dan musim kemarau
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
§ Menyampaikan
Indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
§ Membacakan
materi pengaruh musim untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
§ Menjelaskan
materi yang telah dibacakan dengan menggunakan media
§ Siswa
menceritakan tentang :
-
2 musim di indonesia yaitu musim hujan dan musim
kemarau.
-
pakaian yang harus dipakai saat musim hujan dan
kemarau.
-
Kegiatan manusia saat musim hujan dan kemarau.
§ . . . .
. . . . . . . .
|
(50 menit)
|
§ Menyebutkan
kesimpulan bahwa musim mempengaruhi kegiatan manusia.
|
(5 menit)
|
§ Latihan
soal dan uji kompetensi
|
|
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar