Sabtu, 26 Januari 2013


http://ekohasan.blogspot.com/
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran           : SAINS
Materi Pokok              : Tubuh
Pertemuan / waktu    : pertama  / 2 x 30 menit
Metode                         : ceramah dan praktek

A.       Kompetensi Dasar
1.1     Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya

B.       Indikator
§  Menerangkan bagian-bagian tubuh misalnya mata, telinga, hidung, lidah, kulit dan gigi.
§  Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.

C.       Materi Essensial
§  Bagian tubuhku (hlm 3)

D.       Media Belajar
§  Gambar atau photo bagian tubuh
§  Sapu tangan
§  Bunga, buah

E.       Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa


1.    Pendahuluan
§  Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
§  Membacakan bagian-bagian tubuh serta cara perawatan dengan peragaan langsung hlm 1 dan 2.


(5 menit)

2.    Kegiatan Inti
§  Siswa menyebutkan mengenai bagian tubuh yang tampak pada gambar, tapi belum diberikan keterangan serta keguanaannya.
§  Melakukan kegiatan belajar :
-   Kegiatan 1.1 Hlm 3
-   Kegiatan 1.2 Hlm 3
-   Kegiatan 1.3 Hlm 4
-   Kegiatan 1.4 Hlm 4
-   Kegiatan 1.5 Hlm 4

§  Siswa diminta membuat kesimpulan tentang setiap kegiatan yang dilakukan.
§  . . . . . . . . . . . .


(50 menit)

3.    Penutup
§  Mengulang kembali kesimpulan tentang kegiatan yang telah dilakukan
§  Membuat kelompok dan mengingatkan siswa untuk membawa alat untuk kegiatan 1.6 hlm 7.


(5 menit)

4.    Pekerjaan Rumah
§  -


F.        Penilaian


Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen











Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,         
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran           : SAINS
Materi Pokok                       : Tubuh
Pertemuan / waktu    : kedua  / 2 x 30 menit
Metode                                  : ceramah dan praktek

A.       Kompetensi Dasar
1.1         Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya

B.       Indikator
§  Membiasakan merawat tubuh.
§  Menunjukkan cara merawat tubuh.
§  . . . . . . . . . . . .

C.       Materi Essensial
§  Merawat bagian tubuhku (hlm 7)

D.       Media Belajar
§  Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
§  Sikat dan pasta gigi
§  Sisir
§  Alat potong kuku
§  Sabun

E.       Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa


  1. Pendahuluan
§  Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
§  Siswa ditanya tentang tata cara merawat tubuh sehari-hari.


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
§  Melakukan kegiatan 1.6 hlm 7
§  Menjelaskan cara yang benar dalam merawat bagian tubuh.
§  Membacakan materi untuk menuntun siswa
§  Menerangkan bahwa tubuh yang dirawat akan bersih dan sehat
§  Menerangkan bahwa tubuh yang tidak dirawat mudah terkena penyakit


(50 menit)

  1. Penutup
§  Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir  untuk mengungkapkan kembali cara merawat tubuh yang benar. (dengan dibantu konsep gelombang berjalan.


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
§  -



Penilaian


Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen










Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran           : SAINS
Materi Pokok                       : Tubuh
Pertemuan / waktu    : pertama  / 2 x 30 menit
Metode                                  : ceramah dan praktek

A.       Kompetensi Dasar
1.2         Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)

B.       Indikator
o   Menyebutkan makanan sehat untuk pertumbuhan.
o   Menceritakan perlunya air, makanan, pakaian, udara dan lingkungan bersih untuk tumbuh sehat.
o   . . . . . . . . . . . .

C.       Materi Essensial
§  Kebutuhan Tubuh (hlm 10)

D.       Media Belajar
§  Gambar makanan pokok 4 sehat 5 sempurna.

E.       Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
§  Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
§  Menjelaskan bahwa makanan dan minuman diperlukan untuk pertumbuhan


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
§  Melakukan kegiatan 1.7 hlm 11
§  Menjelaskan tentang kegiatan yang telah dilakukan.
§  Menunjukkan fungsi makanan dan minuman
§  Menunjukkan makanan yang sehat untuk keperluan tubuh.
§  Beberapa siswa diminta menyebutkan tentang makanan empat sehat lima sempurna secara bergantian
§  . . . . . . . . . . . .


(50 menit)

  1. Penutup
§  Mengulang kembali kesimpulan tentang kegiatan yang telah dilakukan.
§  . . . . . . . . . . . .


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
§  Siswa diminta untuk mengambar buah yang mereka sukai
§  . . . . . . . . . . . .



Penilaian


Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen










Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran           : SAINS
Materi Pokok                       : Tubuh
Pertemuan / waktu    : kedua  / 2 x 30 menit
Metode                                  : ceramah dan praktek

A.       Kompetensi Dasar
1.3         Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)

B.       Indikator
o   Menyebutkan makanan sehat untuk pertumbuhan.
o   Menceritakan perlunya air, makanan, pakaian, udara dan lingkungan bersih untuk tumbuh sehat.
o   . . . . . . . . . . . .

C.       Materi Essensial
§  Kebutuhan Tubuh (hlm 10)

D.       Media Belajar
§  Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I

E.       Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
§  Menagih pekerjaan rumah pada pertemuan sebelumnya.
§  Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
§  Menjelaskan bahwa makanan dan minuman diperlukan untuk pertumbuhan


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
§  Membacakan materi untuk menuntun siswa.
§  Melakukan kegiatan 1.8 hlm 12
§  . . . . . . . . . . . .


(50 menit)

  1. Penutup
§  Mengulang kembali kesimpulan tentang kegiatan yang telah dilakukan.
§  “aku perlu air dan pakaian bersih. Aku juga perlu udara dan lingkungan sehat.”


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
§   




Penilaian


Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen










Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran           : SAINS
Materi Pokok                       : Tubuh
Pertemuan / waktu    : pertama  / 2 x 30 menit
Metode                                  : ceramah dan praktek

A.       Kompetensi Dasar
1.2 Membiasakan hidup sehat
B.       Indikator
o   Menggosok gigi sehabis makan dan sebelum tidur.
o   Mencuci tangan sebelum makan.
o   Melakukan olah raga, beristirahat dan tidur agar tubuh sehat dan kuat.
o   . . . . . . . . . . . .

C.       Materi Essensial
§  Kebiasaaan hidup sehat

D.       Media Belajar
§  Gambar tentang cara menyikat gigi, olah raga dan menyapu halaman.
§  Sikat gigi.

E.       Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
§  Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
§  Siswa ditanya tentang cara menjaga kebersihan tubuh.


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
§  Siswa menyebutkan apa saja yang harus dibersihkan dalam membiasakan hidup sehat.
§  Melakukan kegiatan 1.9 hlm 13.
§  Beberapa siswa memperagakan cara menyikat gigi yang benar.
§  . . . . . . . . . . . .


(50 menit)

  1. Penutup
§  Mengulang kembali kesimpulan tentang kegiatan yang telah dilakukan
§  . . . . . . . . . . . .


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
§  Kegiatan 1.10 hlm 14 point 2
§  . . . . . . . . . . . .



Penilaian


Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen










Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran           : SAINS
Materi Pokok                       : Tubuh
Pertemuan / waktu    : kedua  / 2 x 30 menit
Metode                                  : ceramah dan praktek

A.       Kompetensi Dasar
1.1 Membiasakan hidup sehat

B.       Indikator
o   Menggosok gigi sehabis makan dan sebelum tidur.
o   Mencuci tangan sebelum makan.
o   Melakukan olah raga, beristirahat dan tidur agar tubuh sehat dan kuat.
o   . . . . . . . . . . . .

C.       Materi Essensial
§  Kebutuhan Tubuh (hlm 10)
§  . . . . . . . . . . . .

D.       Media Belajar
§  Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I

E.       Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
§  Menagih pekerjaan rumah pada pertemuan sebelumnya.
§  Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan.


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
§  Siswa ditanya tentang olah raga yang ia sukai, waktu belajar dan bekerja membantu orang tua.
§  Membacakan materi untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
§  Melakukan kegiatan 1.10 hlm 14.
§  Menjelaskan waktu yang tepat dalam berolah raga, belajar dan bekerja membatu orang tua.
§  . . . . . . . . . . . .


(50 menit)

  1. Penutup
§  Mengulang kembali kesimpulan tentang kegiatan yang telah dilakukan
§  . . . . . . . . . . . .


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
§  Mempersiapkan untuk kegiatan 1.11 hlm 15.


Penilaian


Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen










Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran           : SAINS
Materi Pokok                       : Tubuh
Pertemuan / waktu    : ketiga  / 2 x 30 menit
Metode                                  : ceramah dan praktek

A.       Kompetensi Dasar
1.2 Membiasakan hidup sehat

B.       Indikator
o   Menggosok gigi sehabis makan dan sebelum tidur.
o   Mencuci tangan sebelum makan.
o   Melakukan olah raga, beristirahat dan tidur agar tubuh sehat dan kuat.
o   . . . . . . . . . . . .

C.       Materi Essensial
§  Kebutuhan Tubuh (hlm 10)
D.       Media Belajar
§  Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I

E.       Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
§  Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
§  Siswa ditanya tentang apa yang dilakukannya setelah beraktivitas, sekolah, belajar, bermain, membantu orang tua, nonton TV.
§  Membacakan materi untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
§  Melakukan kegiatan 1.11 hlm 15.
§  Menjelaskan waktu yang tepat untuk menonton TV dan beristirahat (tidur).
§  . . . . . . . . . . . .


(50 menit)

  1. Penutup
§  Mengulang kembali kesimpulan tentang kegiatan yang telah dilakukan


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
§  . . . . . . . . . . . .





Penilaian


Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen










Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Pelajaran                     : SAINS
Materi Pokok                       : Memelihara LIngkungan
Pertemuan / waktu    : pertama  / 2 x 30 menit
Metode                                  : ceramah dan praktek

A.       Kompetensi Dasar
1.3 Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat

B.       Indikator
§  Menunjukkan keadaan lingkungan yang bersih dan cukup ventilasi.
§  . . . . . . . . . . . .

C.       Materi Essensial
§  Lingkungan sehat (hlm 26)

D.       Media Belajar
§  Gambar sekolah, pensil warna dan kerta gambar.

E.       Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
§  Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
§  Menjelaskan bahwa rumah bersih adalah rumah sehat.


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
§  Membacakan materi untuk menuntun siswa.
§  Melakukan tugas 2.1 hlm 27
§  Beberapa siswa diminta menyebutkan beberapa hal tentang lingkungan yang sehat.
§  . . . . . . . . . . . .


(50 menit)

  1. Penutup
§  Mengulang kembali kesimpulan tentang kegiatan yang telah dilakukan.
§  . . . . . . . . . . . .


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
§  Siswa diminta untuk mengambar rumah yang tidak sehat
§  . . . . . . . . . . . .



Penilaian


Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen











Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran           : SAINS
Materi Pokok                       : Memelihara LIngkungan
Pertemuan / waktu    : pertama  / 2 x 30 menit
Metode                                  : ceramah dan praktek

A.       Kompetensi Dasar
1.4 Membedakan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat.

B.       Indikator
o   Menjelaskan air kotor, tumpukan sampah, asap merupakan kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan.

C.       Materi Essensial
§  Lingkungan tidak sehat (hlm 28)

D.       Media Belajar
§  Gambar rumah kotor, tumpukan sampah, dan asap kendaraaan
§  Sapu, kemoceng, kertas koran.

E.       Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
§  Menagih pekerjaan rumah pada pertemuan sebelumnya.
§  Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
§  Menjelaskan bahwa rumah kotor adalah rumah tidak sehat.


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
§  Membacakan materi untuk menuntun siswa.
§  Menunjukkan gamabar lingkungna tidak sehat.
§  Melakukan kegiatan 2.2 hlm 29
§  Beberapa siswa diminta menyebutkan beberapa hal tentang lingkungan yang tidak sehat.
§  . . . . . . . . . . . .


(50 menit)

  1. Penutup
§  Mengulang kembali kesimpulan tentang kegiatan yang telah dilakukan.
§  . . . . . . . . . . . .


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
§  . . . . . . . . . . . .




Penilaian


Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen










Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran           : SAINS
Materi Pokok                       : Tubuh
Pertemuan / waktu    : pertama / 2 x 30 menit
Metode                                  : ceramah dan praktek

A.       Kompetensi Dasar
1.5 Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan dan lingkungan sekitar.

B.       Indikator
o   Membuang sampah atau meludah pada tempatnya.
o   Merawat tanaman atau hewan peliharaan.
o   Menceritakan alasan perlunya merawat dan memelihara lingkungan.
o   . . . . . . . . . . . .

C.       Materi Essensial
§  Memelihara lingkungan (hlm 29).

D.       Media Belajar
§  Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
§  Gambar atau benda sesungguhnya dari sapu, vas bunga, tempat sampah.

E.       Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
§  Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
§  Menceritakan perlunya merawat lingkungan sekitar.


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
§  Membacakan materi untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
§  Menjelaskan materi yang telah dibacakan dengan menggunakan media belajar.
§  Menjelaskan manfaat dari memelihara lingkungan.
§  Melakukan tugas 2.2 hlm 31
§  Melakukan penilaian tugas 2.2
§  . . . . . . . . . . . .


(50 menit)

  1. Penutup
§  Menyebutkan kesimpulan bahwa kita harus menjaga kebersihan, baik itu di sekolah, rumah maupun di jalanan yang kita lewati.
§  . . . . . . . . . . . .


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
§  . . . . . . . . . . . .



Penilaian


Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen











Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran           : SAINS
Materi Pokok                       : Tubuh
Pertemuan / waktu    : kedua / 2 x 30 menit
Metode                                  : ceramah dan praktek

A.       Kompetensi Dasar
1.3 Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan dan lingkungan sekitar.

B.       Indikator
o   Membuang sampah atau meludah pada tempatnya.
o   Merawat tanaman atau hewan peliharaan.
o   Menceritakan alasan perlunya merawat dan memelihara lingkungan.
o   . . . . . . . . . . . .

C.       Materi Essensial
§  Memelihara hewan dan tanaman (hlm 32)

D.       Media Belajar
§  Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I

E.       Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
§  Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
§  Menceritakan perlunya merawat tanaman dan hewan peliharaan.


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
§  Membacakan materi untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
§  Bertanya kepada siswa tentang:
§  apakah mereka mempunyai hewan peliharaan, tanaman hias yang harus dirawat.
§  Hewan dan tanaman hias apa saja
§  Menjelaskan manfaat dari memelihara hewan dan tanaman.
§  Melakukan tugas 2.3 hlm 33
§  . . . . . . . . . . . .


(50 menit)

  1. Penutup
§  Menyebutkan kesimpulan bahwa kita harus menyayangi hewan dan tanaman


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
§  . . . . . . . . . . . .


Penilaian


Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen










Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran           : SAINS
Materi Pokok                       : Benda beraneka ragam
Pertemuan / waktu    : pertama / 2 x 30 menit
Metode                                  : ceramah dan demonstrasi

A.       Kompetensi Dasar
1.6 Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan.

B.       Indikator
o   Menceritakan bentuk, ukuran, warna, bau, kasar/halus dan rasa benda/objek.
o   Menentukan persamaan dari benda yang berbeda.

C.       Materi Essensial
§  Benda beraneka ragam (hlm 39)

D.       Media Belajar
§  Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
§  Gambar atau benda sesungguhnya.

E.       Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
§  Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
§  Menceritakan ciri-ciri benda


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
§  Membacakan materi untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
§  Siswa dapat menunjukkan bahwa benda-benda dapat
-   berbeda bentuk.
-   Ada rasa manis, asin, asam, pahit
-   Ada yang lembut dan keras
-   Ada yang halus dan kasar
-   Berwarna warni
-   Ada benda yang harum dan berbau busuk
-   Ada benda yang sama bentuknya
§  .. . . . . . . . . . . .


(50 menit)

  1. Penutup
§  Menyebutkan kesimpulan bahwa benda itu beraneka ragam


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
§  Tugas 3.1



Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Materi Pokok                       : Benda berubah bentuk
Pertemuan / waktu    : pertama / 2 x 30 menit
Metode                                  : ceramah dan demonstrasi

A.       Kompetensi Dasar
1.7 Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya

B.       Indikator
o   Membandingkan bentuk benda.
o   Menceritakan hasil pengamatan perubahan bentuk benda karena perlakuan tertentu.

C.       Materi Essensial
§  Benda berubah bentuk (hlm 45)

D.       Media Belajar
§  Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
§  Gambar perubahan benda

E.       Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
§  Menagih Tugas 3.1
§  Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan.


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
§  Membacakan materi benda berubah bentuk untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama .
§  Siswa menunjukkan bahwa benda dapat berubah bentuk seperti:
                      i.    Tanah liat ® pot, genteng,   kendi, batu bata
                    ii.    Kayu        ® meja, kursi, lemari, pensil
                   iii.    Kapas      ® baju, celana, rok, kebaya
§  . . . . . . . . . . . .


(50 menit)

  1. Penutup
§  Menyebutkan kesimpulan bahwa benda dapat berubah bentuk menjadi bentuk lain dan mempunyai kegunaan yang berlainan.
§  . . . . . . . . . . . .


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
§  -






Penilaian


Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen










Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran           : SAINS
Materi Pokok                       : Gerak benda
Pertemuan / waktu    : pertama / 2 x 30 menit
Metode                                  : ceramah dan praktek

A.       Kompetensi Dasar
1.8 Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan yang sulit bergerak melalui percobaan.

B.       Indikator
o   Membedakan bentuk benda yang mudah bergerak dan benda yang sulit bergerak.
o   Memperagakan cara menggerakkan benda
o   . . . . . . . . . . . .

C.       Materi Essensial
§  Gerak benda (hlm 58)

D.       Media Belajar
§  Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
§  Gambar bola , roda

E.       Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
§  Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
§  Membacakan materi gerak benda untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
§  Menjelaskan materi yang telah dibacakan dengan menggunakan media belajar.
§  Melakukan kegiatan 4.1 (hlm. 59).
§  . . . . . . . . . . . .


(50 menit)

  1. Penutup
§  Menyebutkan kesimpulan bahwa benda bundar dan bulat mudah bergerak
§  . . . . . . . . . . . .


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
§  . . . . . . . . . . . .





Penilaian


Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen











Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran           : SAINS
Materi Pokok                       : Kegunaan benda
Pertemuan / waktu    : pertama / 2 x 30 menit
Metode                                  : ceramah dan praktek

A.       Kompetensi Dasar
1.9 Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar.

B.       Indikator
o   Menerangkan kegunaan benda di rumah, di sekolah dan tempat lain.
o   Mendemonstrasikan cara penggunaan beberapa benda.
o   . . . . . . . . . . . .

C.       Materi Essensial
§  Kegunaan benda (hlm 46)

D.       Media Belajar
§  Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
§  Gpiring, garpu, sendok, pisau, roti, margarin dan selai

E.       Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
§  Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
§  Menceritakan perlunya merawat lingkungan sekitar.


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
§  Membacakan materi kegunaan benda untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
§  Siswa melakukan kegiatan 3.1
§  Siswa melakukan kegiatan 3.2
§  . . . . . . . . . . . .


(50 menit)

  1. Penutup
§  Menyebutkan kesimpulan bahwa setiap benda mempunyai kegunaan
§  . . . . . . . . . . . .


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
§  Uji Kompetensi dan latihan soal







Penilaian


Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen










Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran           : SAINS
Materi Pokok                       : Sumber energi gerak
Pertemuan / waktu    : pertama / 2 x 30 menit
Metode                                  : ceramah dan praktek

A.       Kompetensi Dasar
1.10              Mengidentifikasi penyebab benda bergerak (batere, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)

B.       Indikator
o   Mengenali bentuk gerak.
o   Menjelaskan penyebab gerak.
o   Menunjukkan baterai, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet sebagai sumber energi gerak.
o   . . . . . . . . . . . .

C.       Materi Essensial
§  Sumber energi gerak (hlm 59)

D.       Media Belajar
§  Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
§  Mobil mainan, bau baterai

E.       Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
§  Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
§  Membacakan materi sumber energi gerak untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
§  Melakukan kegiatan 4.2 (hlm. 61)
§  Siswa menunjukkan sumber tenaga seperti :
-   tenaga orang
-   bensin
-   magnet
-   baterai
§  . . . . . . . . . . . .


(50 menit)

  1. Penutup
§  Menyebutkan kesimpulan bahwa tenaga orang, bensin, magne, dan baterai adalah sumber energi gerak
§  . . . . . . . . . . . .


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
§  Tugas 4.1 hlm. 62.



Penilaian


Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen











Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran           : SAINS
Materi Pokok                       : Kegunaan energi
Pertemuan / waktu    : kedua / 2 x 30 menit
Metode                                  : ceramah

A.       Kompetensi Dasar
4.2 Mengidentifikasi penyebab benda bergerak (batere, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)

B.       Indikator
o   Mencontohkan listrik dan panas sebagai kegunaan energi.
o   Menyebutkan energi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
o   . . . . . . . . . . . .

C.       Materi Essensial
§  Kegunaan energi (hlm 63)

D.       Media Belajar
§  Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
§  Gambar mengenai kegunaan energi

E.       Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
§  Menagih tugas 4.1
§  Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
§  Membacakan materi kegunaan energi untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
§  Siswa mamapu menujukkan kegunaan dari energi, seperti:
-   Minyak tanah ® kompor
-   Listrik ® TV, lampu, Bohlam, setrika , lemari es
-   Makanan ® sumber energi tubuh manusia
§  . . . . . . . . . . . .


(50 menit)

  1. Penutup
§  Menyebutkan kesimpulan bahwa:
-       panas dan listrik adalah energi
-       makanan dan minuman adalah sumber energi untuk tubuh kita


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
§  Latihan soal dan uji kompetensi




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran           : SAINS
Materi Pokok                       : Berbagai benda langit
Pertemuan / waktu    : pertama / 2 x 30 menit
Metode                                  : ceramah dan praktek

A.       Kompetensi Dasar
1.11              Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan.

B.       Indikator
o   Menceritakan benda-benda langit yang terlihat di waktu siang dan malam hari.
o   Membuat gambar benda-benda langit yang dapat terlihat di waktu siang dan malam hari.
o   . . . . . . . . . . . .

C.       Materi Essensial
§  Berbagai benda langit (hlm 70)

D.       Media Belajar
§  Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
§  Gambar benda langit (matahari, awan, bulan, bintang)

E.       Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
§  Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan.


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
§  Membacakan materi berbagai benda langit untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
§  Menjelaskan materi yang telah dibacakan dengan menggunakan media belajar.
§  Siswa menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada siang dan malam hari.
§  Siswa menunjukkan benda-benda langit yang tampak pada siang hari.
§  Siswa menunjukkan benda-benda langit yang tampak pada malam hari.
§  . . . . . . . . . . . .


(50 menit)

  1. Penutup
§  Menyebutkan kesimpulan bahwa matahari, bulan dan bintang adalah benda langit.
§  . . . . . . . . . . . .


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
§  Mengambar benda langit di waktu siang dan malam hari.



Penilaian


Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen











Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran           : SAINS
Materi Pokok                       : Cuaca
Pertemuan / waktu    : pertama / 2 x 30 menit
Metode                                  : ceramah dan praktek

A.       Kompetensi Dasar
1.12              Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita.

B.       Indikator
o   Menceritakan tanda-tanda akan turunnya hujan.
o   Menjelaskan perbedaan suhu pada musim hujan dan musim kemarau.
o   . . . . . . . . . . . .

C.       Materi Essensial
§  Cuaca (hlm 71)

D.       Media Belajar
§  Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
§  Gambar saat langit mendung, petir, dan hujan

E.       Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
§  Menagih tugas mengambar pada pertemuan sebelumnya
§  Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
§  Membacakan materi cuaca untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
§  Menjelaskan materi yang telah dibacakan dengan menggunakan media belajar.
§  Menceritakan keadaaan langit saat hujan akan turun.
§  . . . . . . . . . .


(50 menit)

  1. Penutup
§  Menyebutkan kesimpulan bahwa langit mendung menandakan hujan akan turun
§  . . . . . . . . . . . .


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
§  . . . . . . . . . . . .






Penilaian


Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen










Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran           : SAINS
Materi Pokok                       : Pengaruh musim
Pertemuan / waktu    : Pertama / 2 x 30 menit
Metode                                  : Ceramah

A.       Kompetensi Dasar
1.13              Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan terhadap kegiatan manusia.

B.       Indikator
o   Menceritakan pakaian yang sesuai pada musim panas dan musim hujan.
o   Membandingkan ciri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia.

C.       Materi Essensial
§  Pengaruh musim (hlm 73)

D.       Media Belajar
§  Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
§  Gambar musim hujan dan musim kemarau

E.       Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
§  Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
§  Membacakan materi pengaruh musim untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
§  Menjelaskan materi yang telah dibacakan dengan menggunakan media
§  Siswa menceritakan tentang :
-   2 musim di indonesia yaitu musim hujan dan musim kemarau.
-   pakaian yang harus dipakai saat musim hujan dan kemarau.
-   Kegiatan manusia saat musim hujan dan kemarau.
§  . . . . . . . . . . . .


(50 menit)

  1. Penutup
§  Menyebutkan kesimpulan bahwa musim mempengaruhi kegiatan manusia.


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
§  Latihan soal dan uji kompetensi




Penilaian


Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen










Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar